Bawaslu Putuskan Partai Berkarya dan Garuda Lanjut Tahap Verifikasi Pemilu

0
378

Jakarta, Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Partai Berkarya dan Partai Garuda melanjutkan tahap verifikasi calon peserta Pemilu 2019. Kedua parpol itu diberikan kesempatan memperbaiki kekurangan syarat administrasi.

“Pemohon diberikan kesempatan untuk memperbaiki dan melengkapi sejumlah kekurangan syarat keanggotaan sesuai dengan syarat administratif,” kata anggota Bawaslu Rahmat Bagja, Sabtu (23/12).

Rahmat mengatakan keputusan ini diambil setelah adanya mediasi antara KPU dan pemohon (parpol). Dalam hasil mediasi, Bawaslu meminta para pihak untuk melaksanakan kesepakatan.

“Ada kesepakatan antara KPU dan pemohon, memerintahkan para pihak (KPU dan Parpol) untuk melaksanakan berita acara kesepakatan,” lanjutnya.

Dalam berita acara kesepakatan disebutkan, Partai Bekarya memiliki kekurangan syarat keanggotaan di 16 provinsi. Hal ini diakibatkan adanya ketidak sesuaian dokumen fisik dengan data dalam sistem informasi parpol (sipol).

Sedangkan untuk Partai Garuda terdapat kekurangan kepengurusan berupa dokumen model F4-parpol. Selain itu juga terdapat kekurangan pada surat keputusan kepengurusan tingkat kecamatan.

Untuk Partai Berkarya, pemohon diberikan waktu paling lama 2×24 jam, Sedangkan Partai Garuda diberikan waktu 1×24 jam untuk melengkapi dokumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here