KPK Verifikasi Riil Setelah Penetapan Calon Oleh KPU

0
11

Jakarta, Pemilu – KPK telah menerima LHKPN dari para calon kepala daerah yang berlaga dalam pilkada serentak. Akan tetapi, KPK belum melakukan verifikasi atas LHKPN tersebut.

Cahya Hardianto Harefa Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK menyatakan verifikasi riil akan dilakukan setelah penetapan KPU pada 12 Februari 2018. Sedangkan untuk verifikasi administrasi sejauh ini sudah ada 1.164 calon kepala daerah yang sudah menyetor LHKPN ke KPK.

“Kita verifikasi kelengkapannya terlebih dulu. Nantinya kita akan cek juga kesesuaiannya yang dilaporkan dengan yang riilnya,” ujar Cahya, Rabu (24/1).

Cahya mengatakan pengecekan riil akan dilakukan secara bertahap setelah 12 Februari 2018. Setelah pemilihan tetap dapat dilakukan.

“Kita bertahap nanti dengan metode yang kita miliki. Nanti setelah 12 Februari. Nanti tentunya nanti dari situ sebelum pemilihan atau mungkin nanti bisa terus berlanjut setelah pemilihan,” ujar Cahya.

“Sekarang kita dorong mereka lapor ke kita dan kita nanti minta mereka mendeklarasikan hartanya difasilitasi oleh KPU,” imbuhnya.

Apabila nantinya ditemukan ketidaksesuaian KPK tidak dapat memberikan sanksi akan tetapi urusan tersebut masuk ke ranah KPU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here