Pilkada Serentak 2018 Dijaga Hingga Empat Tahapan

0
33

Jakarta, Pemilu – Pilkada Serentak 2018 ini berlangsung ketat, operasi Satgas Antipolitik Uang atau Antimoney Politics dilakukan selama 4 tahapan dalam pemilu. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan kewenangan Satgas hanya sebatas penindakan di lapangan.

“Satgas (Anti)-money Politics ini nanti akan memonitor di empat tahapan pemilu. Pertama, pencalonan yang akan selesai pendaftarannya hari ini, pukul 24.00 WIB. Kemudian nanti pada tahap pemilihan, penetapan calon, dan yang keempat kemudian pada saat ada pengajuan keberatan ke MK,” kata Martinus di Mabes Polri.

Politik uang diatur sebagai tindak pelanggaran dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 10 Tahun 2016, penegakan hukum atas perbuatan tersebut akan dilakukan Bawaslu.

“Satgas ini untuk memonitor, memantau, apakah ada mahar politik. Tapi penegakannya melalui Bawaslu karena ini ranah Undang-Undang Pemilu,” terang Martinus.

Martinus menjelaskan dana yang akan digunakan Satgas dalam kegiatan operasional berasal dari mata anggaran dukungan operasional Polri. Martinus menjelaskan setiap satuan kerja (satker) di Polri memiliki mata anggaran tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here